Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Pengaruh Game Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Keragaman Sosial Budaya Masyarakat

Anggraini, Putri Nur (Unknown)
Muzayanah, Muzayanah (Unknown)
Daru, Sasongko Ary (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari riset ini untuk menyelidiki pengaruh model game based learning terhadap hasil belajar peserta didik. Rancangan penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini kelas VII SMPN tiga Jombang berjumlah enam puluh dua terdiri dari kelas eksperimen tiga puluh peserta didik dan kelas kontrol tiga puluh dua peserta didik. Berdasarkan penelitian ini bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar Sembilan puluh satu persen dan pada kelas kontrol sebesar tujuh puluh Sembilan persen. Hasil uji Paired Sample T-test diketahui bahwa kelas eksperimen (model game based learning) dan kontrol (model direct instruction) terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran terhadap hasil belajar dengan nilai sebesar nol koma nol nol nol lebih kecil sama dengan nol koma nol lima. Sedangkan, uji Independent Sample T-test diperoleh hasil sebesar nol koma nol nol nol lebih kecil sama dengan nol koma nol lima maka dapat diambil kesimpulan bahwa model game based learning berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi keragaman sosial budaya di masyarakat kelas VII SMPN tiga Jombang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...