Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Nira, Nira (Unknown)
Marta, Redo Andi (Unknown)
Noviyanti, Mery (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tuntutan yang tinggi untuk menguasai matematika seringkali tidak sejalan dengan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam mencapai hasil belajar yang memadai dalam matematika, yang pada gilirannya mempengaruhi perkembangan peserta didik. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar dalam matematika adalah kurangnya minat peserta didik untuk memahami subjek tersebut. Selain itu kemahiran dalam mengatasi permasalahan matematika, khususnya terkait dengan topik volume kubus dan balok, masih rendah di kalangan beberapa siswa. Sejumlah peserta didik menghadapi kendala saat menghadapi soal-soal, yang mengakibatkan sebagian besar dari mereka tidak berhasil mencapai KKM yang telah ditentukan 75. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pendekatan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, angket, dan tes untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Hasil validasi ahli materi LKPD berbasis problem based learning adalah 1) Aspek kesesuaian materi dengan SK KD dengan rata-rata keseluruhan: 3.67 dengan kriteria valid, Aspek kualitas isi dengan rata-rata keseluruhan: 3.48 dengan kriteria valid. 2) Aspek kelayakan dengan rata-rata keseluruhan: 3.33 dengan kriteria valid. 3) Aspek kebahasaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.42 dengan kriteria valid dan aspek 4) Keterlaksanaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.52 dengan kriteria valid, sedangkan hasil validasi desain adalah 1) kualitas isi dengan rata-rata keseluruhan: 3.35 dengan kriteria validasi. 2) Aspek desain dengan rata-rata keseluruhan: 3.38 dengan kriteria valid. 3) Kebahasaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.44 dengan kriteria valid. 4) Keterlaksanaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.34 dengan kriteria valid. Hasil uji coba skala kecil dan skala luas, serta analisis angket yang diisi oleh siswa, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem-Based Learning (PBL) ini menarik dan efektif untuk digunakan sebagai referensi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...