Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Pengaruh Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Nilai Akhir Blok pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran

Josephine, Jodie (Unknown)
Josephine, Clara Valentia (Unknown)
Angelina, Angelina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Kurikulum pendidikan kedokteran saat ini yaitu kurikulum berbasis kompetensi dengan menggunakan strategi pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), yaitu aktivitas pembelajarannya berdasarkan masalah dan ini penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan rasional mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh antara penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Nilai Akhir Blok (NAB) pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana Angkatan 2020.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana menggunakan design cross sectional study. Subjek penelitian ini sebanyak 46 orang responden dengan teknik probability sampling yaitu dengan menggunakan jenis sampel acak sederhana (simple random sampling). . Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan data sekunder yaitu data lembar penilaian tutorial dan hasil nilai blok dari divisi asesmen prodi kedokteran FKIK Ukrida serta dianalisis secara bivariat dan multivariat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara komponen keaktifan dan critical thinking pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Nilai Akhir Blok oleh mahasiswa semester 5 angkatan 2020 Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...