Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 20, No 1 (2023)

NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM PERSPEKTIF QUR’AN DAN HADIS

Azizah, Nurul (Unknown)
Nurchamidah, Nurchamidah (Unknown)
Rahmawati, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Tasawuf sebagai sebuah wacana, dewasa ini telah menyedot perhatian besar kaum Muslim, termasuk dunia pendidikan. Misalnya, semakin banyaknya buku yang membahas tasawuf di sejumlah perpustakaan. Tasawuf dalam pembentukannya adalah manifestasi akhlak atau keagamaan. Moral keagamaan ini banyak disinggung dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Penelitian ini berusaha mengungkap nilai-nilai Pendidikan tasawuf dalam al-Qur’an dan hadis. Metode penelitian dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Penelitian kepustakaan melalui penelitian kepustakaan berbasis kepustakaan, yaitu sumber utama berupa data perpustakaan berupa buku, manuskrip, buku, dan sumber lain berupa dokumentasi lainnya berkaitan dengan nilai-nilai Pendidikan tasawuf dalam Qur’an hadis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tasawuf mengajarkan kezuhudan terhadap dunia dan penyerahan diri sepenuhnya hanya kepada Allah semata dan menjadikan-Nya kecintaan tertinggi di atas segala cinta. Nilai-nilai tasawuf yang tersurat dan tersirat dalam Al-Qur'an dan hadis itulah yang menjadi dalil utama keberadaan tasawuf di jagat Allah ini. Di antara nilai-nilai Pendidikan tasawuf yakni: zuhud, pendekatan diri pada Allah, sabar, ridho, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...