SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 8, No 2 (2023): SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA EDISI OKTOBER 2023

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA AMPERA KECAMATAN IBU SELATAN PADA MATERI KONSEP MOL

Limatahu, Nur Asbirayani (Unknown)
Khadijah, Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui   penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe group investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Ampera Kecamatan Ibu Selatan pada Materi Konsep Mol. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X SMA Ampera Kecamatan Ibu Selatan yang berjumlah 60 siswa dan tersebar didua kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara cluster random sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan angket kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui statistik uji-Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada materi konsep mol sesuai dengan hasil uji ANAKOVA thitung ttabel atau 5,48 1,63  dengan peningkatan sebesar 91%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...