Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 2 (2024): Volume 09 No. 2 Juni 2024

PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN 12 SINGKAWANG

Sulaiha (Unknown)
Mertika (Unknown)
Dewi Mariana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Pendidikan karakter peduli lingkungan pada usia dini harus diterapkan pada siswa sekolah dasar agar kepedulian lingkungan dapat membantu dalam membentuk kebiasaan positif seperti membuang sampah pada tempatnya, menghemat energi dan mencintai alam. Sehingga kebiasaan tersebut dapat terbawa hingga dewasa. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa melalui program Adiwiyata di SD Negeri 12 Singkawang. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter peduli lingkungan siswa sekolah dasar melalui program Adiwiyata di SD Negeri 12 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu adanya empat program Adiwiyata yang digunakan di SDN 12 Singkawang yaitu kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipasif, pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan. Terdapat juga faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter sehingga perlu adanya kolaborasi antara sekolah dan keluarga untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter peduli lingkungan pada siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...