Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09, No. 04 Desember 2024

OPTIMALISASI PERAN IBU DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI ERA DIGITAL BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM

Al Khansa, Elsa (Unknown)
Hamidah (Unknown)
Figo Rangga Bagaskara (Unknown)
Erlina (Unknown)
Umi Hijriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran ibu dalam pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mengikuti teknik Miles dan Huberman, yang mencakup tiga tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peran ibu dalam membangun pendidikan karakter anak berbasis nilai-nilai Islam di era digital sangatlah penting. Pemanfaatan teknologi digital seperti aplikasi edukasi Islami, video pembelajaran interaktif, dan platform digital lainnya terbukti efektif dalam membantu anak memahami ajaran agama, terutama jika penggunaannya dilakukan secara bijak. Strategi seperti pendampingan aktif oleh ibu, pembatasan waktu penggunaan gawai, dan diskusi tentang nilai-nilai Islami setelah mengakses konten digital dapat memperkuat pembelajaran karakter Islami anak. Selain itu, integrasi antara teknologi digital dengan kegiatan langsung, seperti shalat berjamaah, membaca Al-Qur'an, dan berdiskusi, menjadi pendekatan yang optimal untuk membentuk karakter anak yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...