Majalah Lontar
Vol 35, No 2 (2023): Agustus

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V B SDN BUGANGAN 03 SEMARANG

Syaifudin, Mohamad (Unknown)
Kusumaningsih, Widya (Unknown)
Rahmawati, Adiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media Artificial Intelligence (AI) pada pembelajaran IPAS kelas V B SDN Bugangan 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin dengan 4 tahapan yaitu; perencanaan; tindakan; observasi dan refelksi. Adapun subjek penelitian ini berupa siswa kelas V B sebanyak 27 peserta didik yang terdiri atas 12 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun teknik pengumpalan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa tes tertulis yang dilaksanakan pada tiap awal dan akhir siklus pembelajaran. Sedangkan, teknik non tes berupa teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi selama penelitian berlangsung. Analisis yang dilakukan menggunakan penilaian skor N-Gain dan dideskpsikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh 74 % siswa dinyatakan tuntas dalam pemberian tindakan media Artificial Intelligence (AI). Pada siklus II diperoleh 74% siswa dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus III diperoleh 96% siswa dinyatakan tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan media Artificial Intelligence (AI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B pada mata pelajaran IPAS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...