Majalah Lontar
Vol 36, No 1 (2024): April

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ROWOSARI

Trilola, Devia (Unknown)
Fitriana, Siti (Unknown)
Lestari, Farikha Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dialami oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Rowosari, yaitu masih rendahnya perilaku asertif seperti lebih cenderung sangat pasif dalam mengungkapkan perasaan yang sedang dialaminya dan tidak tegas dalam mengambil sikap dalam mendapatkan ajakan untuk melakukan perbuatan negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku asertif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Rowosari.Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian pretest posttest One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Rowosari yang berjumlah 156 peserta. Sampel yang diambil sebanyak 10 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, yakni membuat skala perilaku asertif.Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan paired sampel t-test diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) 0,000 0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal (pretest) dengan varibel akhir (posttest), dengan kata lain Ho pada penelitian ini ditolak dan Ha diterima yang berbunyi bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rowosari. Kata kunci: bimbingan kelompok, sosiodrama, perilaku asertif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...