Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model Problem Based Learning dengan media papan pintar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Mc. Taggart berbentuk spiral yang memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III B SDN Karanganyar Gunung 02 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes serta dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif atau teknik analisis data dengan perbandingan antara pra siklus, siklus I dan siklus II. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% ketuntasan dengan nilai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media papinka (papan pintar matematika) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini terbukti setelah peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media papinka (papan pintar matematika) persentase ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan pra siklus sebesar 17 % sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan 57 %Â dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 87% dari 23 peserta didik.
Copyrights © 2023