Majalah Lontar
Vol 35, No 2 (2023): Agustus

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pembelajaran Tematik di SDN Karanganyar Gunung 02

Angelia, Mayky Verra (Unknown)
Musafanah, Qoriati (Unknown)
Kusniati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2024

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis penerapan model Problem Based Learning berbantuan media multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 24 siswa sebagai penerima tindakan, sedangkan yang memberikan tindakan adalah peneliti dan wali kelas III. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Tahap penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, tes setiap siklus dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif meningkat dari tahap prasiklus yaitu 22,8%  siswa tuntas dan 79,2%% siswa tidak tuntas. Penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Multimedia hasil belajar kognitif siswa meningkat siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 45,8% dan 54,2% tidak tuntas. Sedangkan, pada siklus II  dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian ketuntasan sebesar 83,3% siswa tuntas dan 16,7% siswa tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...