Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap penggunaan media PhET (Physics Education Technology) dalam pembelajaran pecahan di kelas III SDN Cipinang Besar Utara 09, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan tanggapan positif. Siswa merasa bahwa media PhET menyenangkan, memudahkan pemahaman konsep pecahan, serta meningkatkan motivasi belajar. Media ini juga mendorong keterlibatan siswa secara individu maupun kelompok, serta melatih kerja sama dan komunikasi. Simulasi visual dan interaktif dari PhET memberikan pengalaman belajar yang bermakna, terutama bagi siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Oleh karena itu, media PhET efektif digunakan dalam pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025