Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pesatnya perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap pendidikan secara signifikan. Adanya berbagai macam perangkat dan aplikasi pembelajaran bahasa Arab berbasis digital yang dapat dimanfaatkan bagi seorang guru untuk menjaga teknologi ini dalam proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung. Bahasa Arab dapat dikatakan sebagai bahasa asing yang mana sering kali dianggap sulit oleh peserta didik.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptifdigunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasilnya peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab pada era digital di SMP IT Al-Munadi Marelan: 1) Peran Guru dalam Mengadaptasi Teknologi dalam Pembelajaran 2) Pemanfaatan Media Sosial Pada Pembelajaran Digital 3) Peningkatan Kemampuan Digital Guru 4) Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab 5) Pembelajaran yang Inovatif dan Kolaboratif 6) Evaluasi Pembelajaran yang Lebih Efektif 7) Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Arab 8) Pentingnya Pembinaan Karakter dalam Pembelajaran Digital.
Copyrights © 2025