Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca inferensial siswa kelas IV di SDN Semanan 05 Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, yakni Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 58 peserta didik yang dibagi dalam dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest berbentuk soal pilihan ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan nilai pretest, sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 (< 0,05), yang mengindikasikan bahwa strategi DRTA memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca inferensial siswa. Hasil ini juga diperkuat oleh fakta bahwa siswa dalam kelompok eksperimen lebih aktif dan mampu memahami bacaan secara mandiri. Oleh karena itu, strategi DRTA dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca inferensial di sekolah dasar.
Copyrights © 2025