Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

" Penguatan Karakter Bela Negara Melalui Proyek Berbasis Budaya Di SDN 004 Teluk Durian Kabupaten Kepulauan Anambas

sinaga, Sartika (Unknown)
Daniaty (Unknown)
Esra Theresia Sinambela (Unknown)
Popy Sigalingging (Unknown)
Veronika Banjarnahor (Unknown)
Dr. Sri Yunita, M.Pd (Unknown)
Dr. Surya Dharma, M.Si (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Karakter dibangun sejak anak usia dini pada pendidikan dasar yang dapat memperkuat generasi muda dalam menciptakan masyarakat dengan nilai-nilai kebangsaaannya. Perkembangan teknologi yang terus berkembang tanpa batas hingga memasuki digitalisasi 5.0 dapat memudahkan segala aktifitas sehingga membuat fenomena modernisasi yang memberikan pengaruh terkikisnya karakter bela negara termasuk dalam melestarikan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis dan merangkum berbagai sumber yang relevan tentang Penguatan Karakter Bela Negara Melalui Proyek Berbasis Budaya di SDN 004 Teluk Durian, Kabupaten Kepulauan Anambas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di sekolah SDN 004 Teluk Durian Proyek berbasis budaya di sekolah telah melibatkan peran siswa eksplorasi budaya lokal, seperti seni tari, pantun, cerita rakyat yang dikemas dalam proyek-proyek pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan untuk pembelajaran di kelas dapat menggunakan cerita rakyat, permainan tradisional seperti batu gulik, goloh Panjang, dan gasing serta lagu-lagu daerah sebagai media yang terintegrasi dengan mata pelajaran. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa proyek berbasis budaya di SDN 004 Teluk Durian memiliki dampak yang positif terhadapa penguatan karakter bela negara bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...