Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA MURID DALAM BERINTERAKSI DENGAN GURU KELAS IV SDN TAWANGSARI PURWOREJO: Kesantunan berbahasa, Penyimpangan kesantunan, Interaksi

Faizza Tanniya Bellen (Unknown)
Nur ngazizah (Unknown)
Arum Ratnaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Kesantunan berbahasa sangat penting diperhatikan dalam berkomunikasi demi kelancaran komunikasi. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran maupun diluar kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa indonesia murid dalam berinteraksi dengan guru, dan untuk mengetahui penyimpangan kesatunan berbahasa murid dalam berinteraksi dengan guru kelas IV SDN Tawangsari Purworejo. Jenis penelitian ini merupakan penilitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV SDN Tawangsari Purworejo. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tuturan murid. Hasil penelitian ini menunjukan kesantunan berbahasa murid dalam berinteraksi dengan guru termasuk dalam kategori sangat santun yaitu dengan persentase kesantunan 87% pematuhan kesantunan dan 14% tuturan yang melanggar prinsip kesantunan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...