Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD N 04 TALANG TANGAH

Leni Zahara (Unknown)
Azizah Jumaita Ayu (Unknown)
Dini Safitri (Unknown)
Nailatul Fadhila (Unknown)
Nina Afrilia (Unknown)
Syifa Fauziya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 04 Talang Tangah. Latar belakang penelitian didasari oleh fenomena rendahnya motivasi belajar pada sebagian siswa sekolah dasar, yang berdampak pada ketidakoptimalan capaian akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitas, serta dokumentasi nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) semester II tahun ajaran 2024/2025 sebagai indikator hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang hingga tinggi, sedangkan hasil belajar sebagian besar berada pada kategori baik. Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar (r = 0,59; p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan motivasi belajar memiliki kontribusi langsung terhadap pencapaian prestasi akademik siswa. Hasil penelitian ini memperkuat teori bahwa faktor motivasi merupakan salah satu kunci keberhasilan pembelajaran di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya guru dan pihak sekolah untuk merancang strategi pembelajaran yang memotivasi, seperti pemberian reward, penguatan positif, serta pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...