Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DI KELAS I SDI TUMBUH KEC. BUNGAYA

Yuliana A (Unknown)
Abd. Rahman Rahim (Unknown)
Ummu Khaltsum (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2025

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf Di Kelas I SDITumnuh Kec. Bungaya. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Abd. Rahman Rahim danpembimbing II Ummu Khaltsum.Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandinganhasil belajar menulis permulaan huruf kapital siswa kelas I SDI Tumbuh Kec. Bungaya mwnggunakanmedia kartu huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulispermulaan menggunakan media kartu huruf siswa kelas I SDI Tumbuh Kec. Bungaya.Jenis penelitianini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research). Subjek penelitian ini adalah siswakelas I SDI Tumbuh Kec. Bungaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan mediakartu huruf hasil belajar siswa dalam menulis permulaan dapat meningkat. Perolehan nilai rata-ratasiswa meningkat dari 69,58 dengan kategori sedang menjadi 79,58 dengan kategori tinggi. Pada tespasca tindakan siklus I terdapat 9 siswa (45%) dalam kategori tuntas, begitu juga dengan siswa yangmemperoleh kategori tidak tuntas juga terdapat 11 siswa (55%). Sedangkan pada tes pasca tindakansiklus II terdapat 17 siswa (85%) dalam kategori tuntas, begitu juga dengan siswa yang memperolehkategori tidak tuntas juga terdapat 3 siswa (15%).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...