Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

THE EFFECT OF KNOWORD GAME TOWARD STUDENT’S VOCABULARY MASTERY AT THE EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL TWO MENES PANDEGLANG BANTEN IN THE ACADEMIC YEAR 2025/2026

Siti Suryati (Unknown)
Riandi (Unknown)
Tatu Munawaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat pengaruh permainan Knoword terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menes Pandeglang Banten pada Tahun Ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini terdiri dari 88 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 44 siswa yang terbagi menjadi 22 siswa kelas eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes lisan. Instrumen tersebut terdistribusi normal dan reliabel. Data penelitian ini dikumpulkan dari skor pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan program statistik IBM SPSS 25 meliputi mean, standar deviasi, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi penelitian, temuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan Knoword terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menes Pandeglang Banten pada Tahun Ajaran 2025/2026. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0.000 ≤ α = 0.05, sehingga Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan Knoword terhadap penguasaan kosakata siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...