Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN BENTUK ENERGI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 34 MATARAM

Alpiana Puji Astuti (Unknown)
Nurul Kemala Dewi (Unknown)
Muhammad Sobri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Media pembelajaran interaktif diperlukan untuk membantu peserta didik memahami konsep materi dengan lebih mudah, salah satunya menggunakan media wordwall. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap pemahaman konsep perubahan bentuk energi pada peserta didik kelas IV SDN 34 Mataram. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi experiment tipe Nonequivalent Control Grup dengan 10 soal pemahaman konsep IPAS dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran media wordwall sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan uji Analysis of Covariance (ANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan perlakuan kelompok terhadap pemahaman konsep perubahan bentuk energi setelah mengontrol hasil pre-test. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (9,417) > Ftabel (4,080) dan nilai Sig. 0,004 (< 0,05), serta besar pengaruh media wordwall (ηp²) = 0,187 (18,7%), dengan kriteria pengaruh besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran wordwall berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep perubahan bentuk energi pada peserta didik kelas IV SDN 34 Mataram.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...