Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 01 (2023): Volume 08 No. 01 Juni 2023

ANALISIS PENGUASAAN FONOLOGI DAN LEKSIKON ANAK USIA 4-5 TAHUN DI MANOKWARI

Safira Firdausi Manile (Unknown)
Aristanto, Aristanto (Unknown)
Siti Muflihah (Unknown)
Siti Fatimahtun Zahra (Unknown)
Irma Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan aspek fonologi dan leksikon pada anak usia 4–5 tahun di salah satu PAUD di Distrik Manokwari Barat, menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek utama adalah anak taman kanak-kanak kelompok A, dengan guru dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan fonologi dan leksikon anak berada dalam tahap berkembang, dengan variasi individu yang dipengaruhi oleh intensitas interaksi verbal dan stimulasi lingkungan. Secara fonologis, anak-anak sudah mampu melafalkan sebagian besar bunyi vokal dan konsonan dasar, meskipun masih ditemukan kesalahan seperti elisi, substitusi, dan adisi pada bunyi kompleks. Penguasaan leksikon tercermin dari kemampuan menyebutkan nama benda, aktivitas, warna, dan hewan yang akrab. Penelitian ini juga menemukan adanya sinergi antara aspek fonologi dan leksikon, di mana anak yang memiliki artikulasi lebih baik cenderung menguasai kosakata yang lebih luas dan mampu membentuk frasa sederhana. Kesimpulannya, perkembangan bahasa anak usia dini bersifat simultan antara kemampuan mengucapkan bunyi bahasa dan penguasaan makna kata, yang keduanya sangat dipengaruhi oleh kualitas lingkungan verbal. Implikasinya, diperlukan stimulasi bahasa yang kaya dan kontekstual, serta kerja sama yang erat antara PAUD dan keluarga agar perkembangan bahasa anak berlangsung optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...