Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 5 No 1 (2025)

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Melalui Model Pembelajaran Self-Organized Learning Environments (SOLE) Berbantuan PhET

Dewi, Erlis Ratna (Unknown)
Qomaria, Nur (Unknown)
Wulandari, Ana Yuniasti Retno (Unknown)
Rakhmawan, Aditya (Unknown)
Fikriyah, Aida (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi melalui model pembelajaran SOLE berbantuan PhET. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Ulum Al-Cholily Bojonegoro dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B sebanyak 16 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebanyak 17 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design. Untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan Uji N-Gain Score. Berdasarkan hasil uji N-Gain Score dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran SOLE berbantuan PhET pada materi getaran, gelombang, dan bunyi sebesar 0,58 dengan kategori sedang.   Dengan demikian, model pembelajaran SOLE berbantuan PhET efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...