Pentingnya penelitian ini terletak pada upaya mengembangkan sikap ilmiah abad ke-21 yang relevan untuk pendidikan modern, terutama dalam pembelajaran IPA, dengan mengintegrasikan teori pembelajaran sosial dalam lembar kerja berbasis listrik statis. Penelitian ini berangkat dari celah pembelajaran yang masih didominasi metode konvensional, sehingga peserta didik kesulitan menghubungkan teori dengan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis teori pembelajaran sosial untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan sikap ilmiah. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian ini melibatkan validasi ahli, uji coba awal, dan implementasi pada 45 peserta didik kelas VIII dan IX. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep listrik statis dari rata-rata pretest 58 menjadi posttest 80, serta peningkatan kemampuan peserta didik dalam melakukan observasi, analisis data, dan menyusun kesimpulan berbasis bukti. Implikasi penelitian ini mencakup potensi penerapan LKPD untuk memperkuat literasi ilmiah peserta didik secara lebih luas, sekaligus mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis aktivitas yang inovatif dan inklusif.
Copyrights © 2025