Jurnal Abdimas Ekonomi Terapan
Vol. 3 No. 2 (2025): JURNAL ABDIMAS EKONOMI TERAPAN

Pelatihan Branding dan Digital Marketing untuk Penguatan UMKM Lokal

Junianingrum, Sherli (Unknown)
Abdullah, Lukman Zaini (Unknown)
Nurhidayah, Siti Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian Indonesia, namun banyak menghadapi tantangan seperti keterbatasan akses pasar dan rendahnya daya saing. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan UMKM dalam branding dan digital marketing. Pelatihan dilakukan di Kantor Kecamatan Kaliwungu dengan 40 peserta dari Forum UMKM Lokal, meliputi teori dan praktik penggunaan media sosial serta marketplace. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terkait pemasaran digital dan branding, serta keberhasilan dalam mengoptimalkan akun bisnis. Keberlanjutan program didukung oleh komunitas digital UMKM dan materi pelatihan mandiri. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JAMET: Jurnal Abdimas Ekonomi Terapan is a National Journal published by the Faculty of Economics and Business Selamat Sri University (UNISS) in collaboration with the Indonesian Central Bureau of Statistics (MoU). JAMET: Jurnal Abdimas Ekonomi Terapan is intended to be a medium for exchanging the ...