e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 7, No 3 (2019): (September-Desember) e-JIPSD

PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR

Aulia, Rifqa Nissa (Unknown)
Zuardi, Zuardi (Unknown)
YUnisrul, Yunisrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas III SD Negeri 18 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan  pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) RPP siklus I 69,6 % dan siklus II 89,2 %,b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 72,5 % dan siklus II 95 %,c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 72,5 % dan siklus II 95 %, d) hasil belajar siswa siklus I77,5  dan siklus II 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn   

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...