Guru adalah aset utama sekolah, karena dengan kinerja guru yang baik maka dapat meningkatkan kinerja sekolah. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui, menganalisa, dan menguji determinasi kepuasan kerja dan kinerja guru, yang diukur melalui kepemimpinan, motivasi kerja, dan kecerdasan emosional guru pada Yayasan Prajnamitra Maiteya Pekanbaru, sebagai yayasan yang menaungi Sekolah Metta Maitreya Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru Yayasan Prajnamitra Maitreya Pekanbaru yang berjumlah 57 orang, yang dibagi berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, masa bekerja dan unit kerja. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa kepemimpinan, motivasi kerja, dan kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Sementara kepemimpinan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja guru. Untuk keerdasan emosional dan kepuasan kerja guru berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. Namun motivasi kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja guru.
Copyrights © 2022