Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics–Project Based Learning) sebagai solusi untuk menciptakan pembelajaran kimia yang bermakna. Penelitian termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis kebutuhan peserta didik. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni peserta didik dan guru kimia di salah satu SMA Negeri di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebutuhan peserta didik dan wawancara dengan guru. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia belum berjalan efektif karena keterbatasan sarana, media, dan penerapan pendekatan kontekstual. Sebagian besar peserta didik dan guru sangat setuju jika dikembangkan multimedia interaktif berbasis STEM-PjBL pada materi ikatan kimia. Media pembelajaran ini dapat memuat berbagai konten interaktif, mudah diakses, serta mendukung penerapan pembelajaran berbasis proyek yang menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Pengembangannya juga sejalan dengan tujuan ke-4 SDGs, yakni mewujudkan pendidikan yang berkualitas.
Copyrights © 2025