Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan modul pembelajaran sebelum dan setelah diterapkannya modul terhadap kemandirian mahasiswa pada mata kuliah belajar dan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain kuesioner pre-test dan kuseioner post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2024 sebanyak 27 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil distribusi kecenderungan kemandirian mahasiswa sebelum diterapkan modul pembelajaran pada kategori sedang dengan presentase 0% dan setelah diterapkan modul pembelajaran distribusi kecenderungan kemandirian mahasiswa pada kategori sedang meningkat dengan presentase sebesar 62,96%. Kemudian dari hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig, (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005. Kesimpulannya penggunaan modul pembelajaran cukup efektif meningkatkan kemandirian mahasiswa pada mata kuliah belajar dan pembelajaran.
Copyrights © 2025