Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.2, No.1, Januari 2017

PENERAPAN PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER SISWA KELAS X

Mohamad Tofan Hanib (Pendidikan Biologi-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Suhadi Suhadi (Pendidikan Biologi-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Sri Endah Indriwati (Pendidikan Biologi-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

21st century learning demands the ability of students to think critically, and able to solve problems. demands of 21st century competencies that must be owned by the students contrary to the real conditions In SMAN 1 Torjun. The purpose of this study is to describe the application of learning process oriented guided inquiry learning can improve critical thinking skills, and character class X SMAN 1 Torjun Kab. Sampang. The types of research is classroom action research (car). the methods used in triangulation include observation, analysis of documents and interviews. the result of research shows a model of process oriented guided inquiry learning can improve critical thinking skills, and character class X SMAN 1 Torjun Kab. Sampang.Pembelajaran abad 21 menuntut kemampuan siswa yang berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah. tuntutan kompetensi abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa bertolak belakang dengan kondisi riil yang ada di SMAN 1 Torjun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa kelas X SMAN 1 Torjun Kab. Sampang. Jenis Penelitian Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan secara triangulasi, meliputi observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan model Process Oriented Guided Inquiry Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa kelas X SMAN 1 Torjun Kab. Sampang. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...