Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REPRESENTASI GANDA (GAMBAR DAN VERBAL) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA

Badriyah, Yuli Emi (Unknown)
Wilujeng, Insih (Unknown)
Hastuti, Purwanti Widhy (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran representasi ganda (gambar dan verbal) terhadap: (1) keterampilan komunikasi dan (2) pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample t-test dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran representasi ganda (gambar dan verbal) terhadap keterampilan komunikasi peserta didik dengan kategori kuat, dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan model representasi ganda (gambar dan verbal) terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik dengan kategori sedang.Kata kunci: representasi ganda, keterampilan komunikasi, pemahaman konsep IPAAbstract

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...