Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 2 (2025)

Transformasi Pendidikan: Rahasia Teori dan Inovasi dalam Menghadapi Perubahan Sosial dan Teknologi

Riang Tati, Andi Dewi (Unknown)
Arismunandar, Arismunandar (Unknown)
Suardi, Suardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan inovasi Pendidikan dalam menanggapi perubahan social dan teknologi. Pendidikan mengalami transformasi signifikan dengan adaptasi kurikulum dan metode yang lebih interaktif untuk memenuhi kebutuhan siswa di era teknologi. Kolaborasi antara pemerintah dan lembaga pendidikan penting untuk memastikan akses pendidikan berkualitas bagi semua siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan dari berbagai literatur yang relevan seperti buku, jurnal, dan laporan penelitian. Studi kepustakaan bertujuan untuk mengidentifikasi teori dan mengumpulkan informasi yang mendukung topik penelitian secara sistematis. Uji keabsahan data dilakukan melalui telaah bahan referensi untuk memastikan dukungan yang kuat terhadap data yang ditemukan. Teori pendidikan, khususnya konstruktivisme, penting untuk menghadapi perubahan sosial dan teknologi dengan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Inovasi dalam pembelajaran digital, seperti platform online dan alat kolaboratif, dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan menghasilkan hasil yang lebih baik. Untuk menciptakan pendidikan yang relevan dan efektif, penting bagi pendidik dan pemangku kepentingan untuk terus beradaptasi, mengintegrasikan teknologi, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...