Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Pengaruh Metode Modelling The Way Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas III SDN Jatiluhur IV Kota Bekasi

Rahmi, Siti (Unknown)
Pranata, Khavisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan metode Modelling The Way berdampak pada peningkatan hasil belajar IPAS pada siswa kelas III SDN Jatiluhur IV Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan desain satu kelompok pretest-posttest. Alat pengumpulan data terdiri dari 30 soal berupa pilihan ganda yang sudah diuji validitas serta reliabilitas. 28 soal dinyatakan valid dan memiliki nilai Alpha Cronbach sebesar 0,859, yang menunjukkan bahwa tingkat reliabilitasnya sangat tinggi. Data menunjukkan distribusi normal, menurut analisis data. Hipotesis nol (H0) ditolak, menurut hasil Uji Sampel Paired t. Selain itu, dengan nilai N-Gain 0,7052 dan tingkat efektivitas rata-rata 70,51%, itu cukup efektif. Hasil menunjukkan bahwa metode Modelling The Way memiliki efek yang signifikan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...