Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 1 (2025)

Peningkatan Kompetensi Pegembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Literasi dan Numerasi Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar di Kabupaten Manokwari

Firmansyah, Firmansyah (Unknown)
Simamora, Ebeneser Wacner (Unknown)
Siregar, Nahrun Najib (Unknown)
Indriyani, Indriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

 Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema pemberdayaan berbasis masyarakat ruang lingkup pemberdayaan kemitraan masyarakat berupa pendampingan dan pembimbingan untuk meningkatan kompetensi pengembangan bahan ajar e-modul interaktif berbasis literasi dan numerasi pada kelompok kerja guru (KKG) sekolah dasar di Kabupaten Manokwari. PKM ini rencana dilaksanakan selama 8 (Delapan) bulan dengan target utama yaitu diperolehnya hasil pengembangan bahan ajar e-modul interaktif berbasis literasi dan numerasi pada kelompok kerja guru (KKG) sekolah dasar di Kabupaten Manokwari. Target lain dalam PKM ini yaitu timbulnya motivasi dan keterampilan adaptasi teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang inovatif sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di kelas. Selanjutnya hasil dari pengembangan bahan ajar e-modul interaktif berbasis literasi dan numerasi akan mendapatkan masukan dan saran perbaikan sebelum digunakan oleh peserta. Dengan demikian guru-guru pada kelompok kerja guru (KKG) sekolah dasar gugus IV kelurahan Amban, di Kabupaten Manokwari akan memperoleh berbagai bahan bahan ajar e-modul interaktif berbasis literasi dan numerasi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara bermitra (berkolaborasi) dengan kelompok kerja guru (KKG) sekolah dasar gugus IV kelurahan Amban di Kabupaten Manokwari yang diwakili oleh ketua KKG sekolah dasar gugus IV kelurahan Amban sebagai mitra sasaran. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari beberapa tahapan pelaksanaan, antara lain rapat persiapan,, penyusunan materi pelatihan, sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, presentasi bahan ajar, evaluasi kegiatan, penyusunan laporan kegiatan, dan keberlanjutan program.Kegiatan peningkatan kompetensi pengembangan bahan ajar e-modul interaktif berbasis literasi dan numerasi sangat membantu bagi guru-guru yang terlibat sebagai peserta. Luaran dari PKM ini berupa Rekognisi mahasiswa menjadi bagian MBKM minimal 6 (enam) SKS, Poster, Video kegiatan, Artikel ilmiah pada jurnal terindeks SINTA, Publikasi Elektronik di Media Massa, Peningkatan Kualitas Produk berupa bahan ajar e-modul interaktif peserta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...