Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 2 (2025)

Peran Manajemen Lingkungan belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Ariani, Komang Dewi (Unknown)
Rizal, Rizal (Unknown)
Aqil, Muhammad (Unknown)
Hariana, Kadek (Unknown)
Pratama, Ryan Andhika (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen lingkungan belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Lakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen lingkungan belajar memiliki peran yang signifikan terhadap semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Lingkungan belajar yang nyaman, aman, dan tertata dengan baik mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa. Namun demikian, manajemen lingkungan belajar di SDN 1 Lakuan masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan fasilitas, minimnya teknologi pembelajaran, dan kerusakan atau kehilangan alat peraga. Meskipun buku pelajaran tersedia, jumlahnya belum mencukupi untuk seluruh siswa. Kondisi ini berdampak pada efektivitas pembelajaran dan tingkat motivasi siswa. Dukungan dari kepala sekolah, guru, serta pengelolaan ruang kelas dan kebersihan lingkungan sekolah turut berkontribusi dalam menciptakan atmosfer belajar yang positif. Dengan demikian, peningkatan manajemen lingkungan belajar secara menyeluruh sangat diperlukan agar motivasi dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...