Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 2 (2025)

Analisis Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti

Nursakinah, Nursakinah (Unknown)
Wolingalo, Anggita Frestianingsih (Unknown)
Azizah, Azizah (Unknown)
Asriani, Asriani (Unknown)
Rizal, Rizal (Unknown)
Lapasere, Sisriawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dan hambatan serta solusi dalam pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar peserta didik di kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 1 guru perwalian kelas IV dan 23 peserta didik kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu wawancara terstruktur dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89,1% peserta didik sangat baik dan baik saat belajar menggunakan sumber dari alam dan 10,9% peserta didik cukup baik saat belajar menggunakan sumber dari alam. Data tersebut menunjukkan peserta didik merasa antusias dan lebih aktif saat belajar menggunakan sumber dari alam, serta menjadi lebih peduli terhadap lingkungan. Terdapat faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar, yaitu keterbatasan waktu, cuaca yang tidak mendukung, dan perilaku peserta didik yang kurang disiplin. Wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa lingkungan alam yang asri di sekitar sekolah mendukung proses belajar, membuat peserta didik lebih mudah memahami konsep-konsep IPAS. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar peserta didik di kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti terbukti efektif dan memberikan banyak manfaat bagi peserta didik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...