PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 3 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mapel Ekonomi Di Kelas X

Gultom, Mawar (Unknown)
Siahaan, Mian (Unknown)
Siahaan, Nova Yunita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mapel Ekonomi di kelas X SMA Indonesia Membangun Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment. Sampel penelitian ini terdiri dari 62 siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (X-2 32siswa) dengan model project based learning dan kelas kontrol (X-1 30 siswa) dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket keterampilan berpikir krtitis yang mengacu pada enam indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Uji t menunjukkan bahwa t_(hitung ) 14,067> t_(tabel )3, sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mapel ekonomi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran is a scientific journal published by CV Putra Publisher. This journal aims to accommodate research articles and community service in the field of education and learning. This journal can provide an overview of the development of science and technology in the ...