Jurnal Abdimas Maduma
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli 2025

Pemanfaatan Artificial Inteligence Dalam Pembuatan Video Pembelajaran di SMA Alia Islamic School

Lely Panca Andriyanto (Unknown)
Nanang (Unknown)
Yuda Samudra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi, khususnya Artificial Intelligence (AI), menjadi penting untuk menciptakan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Namun, di SMA Alia Islamic School, pemanfaatan AI masih terbatas karena guru cenderung menggunakan metode konvensional dan kurang memahami teknologi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pelatihan penggunaan AI dalam pembuatan video pembelajaran. Program mencakup pengenalan konsep dasar AI dalam pendidikan, pelatihan penggunaan platform Pictory AI, serta strategi integrasi teknologi dalam pembelajaran. Metode pelatihan meliputi ceramah, diskusi interaktif, dan praktik langsung untuk memberikan pengalaman menyeluruh. Selain meningkatkan keterampilan teknis, kegiatan ini juga mendorong motivasi guru agar lebih terbuka terhadap inovasi digital. Diharapkan, pelatihan ini dapat menghasilkan peningkatan kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran berbasis AI yang menarik dan relevan, sekaligus membangun semangat untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif. Pemanfaatan AI diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Alia Islamic School dan memberikan dampak positif terhadap motivasi serta pemahaman siswa dalam menerima materi ajar Kata Kunci : Artificial Intelligence; video pembelajaran: Aplikasi Pictory AI: pelatihan guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecdj

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Abdimas MADUMA (JAM) adalah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh ELTA merupakan jurnal pengembangan dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi ...