Jurnal Abdimas Maduma
Vol. 4 No. 3 (2025): Oktober, 2025

Sosialisasi Pemanfaatan AI Bagi Guru SMA Negeri 2 Tomohon: Upaya Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Teknologi

Mellyatul Aini (Unknown)
Herminus Efrando Pabur (Unknown)
Anas Romzy Hibrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2025

Abstract

INFO ARTIKEL Proses Artikel: Submit  : 12 September 2025 Review : 2 Oktober 2025 Revisi  : 4 Oktober 2025 Diterima : 7 Oktober 2025 Terbit Online : 8 Oktober 2025 Kata Kunci : Artificial Intelligence; optimalisasi pembelajaran; pembelajaran berbasis teknologi; literasi digital guru   Artikel ini membahas pelaksanaan program yang bertujuan mendorong pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Tomohon. Program ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi digital guru, meskipun AI memiliki potensi besar dalam meningkatkan efisiensi penyusunan materi ajar dan mendukung pembelajaran yang dipersonalisasi. Tujuan utama kegiatan ini adalah memetakan kesiapan guru melalui survei eksploratif terhadap 25 responden serta merancang pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan. Metode yang digunakan meliputi survei kebutuhan, analisis tematik-deskriptif, dan pengembangan modul pelatihan diferensiasi berdasarkan tingkat kompetensi guru. Hasil survei menunjukkan bahwa 41,2% guru belum familiar dengan AI, namun 82,4% tertarik untuk menggunakannya—terutama untuk analisis kesulitan belajar (64,7%) dan pembuatan soal otomatis (58,8%). Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pelatihan bertahap dan praktis, dengan fokus pada penggunaan alat seperti pembuatan RPP otomatis dan materi pembelajaran interaktif. Secara keseluruhan, program ini membantu menjembatani kesenjangan literasi digital serta membangun ekosistem pembelajaran berkelanjutan melalui pembentukan komunitas belajar guru. Studi ini merekomendasikan agar pelatihan berbasis AI diintegrasikan ke dalam program pengembangan profesional guru, khususnya di sekolah dengan karakteristik serupa. Kata Kunci : Artificial Intelligence; optimalisasi pembelajaran; pembelajaran berbasis teknologi; literasi digital guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecdj

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Abdimas MADUMA (JAM) adalah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh ELTA merupakan jurnal pengembangan dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi ...