Teknologi memainkan peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena teknologi memberikan fasilitas yang dapat membantu guru dalam menulis dokumen dan soal Matematika yang memuat notasi matematika yang kompleks secara efektif dan efisien. Sebagian besar guru-guru Matematika SMA di Samarinda belum menggunakan perangkat lunak untuk mendukung mutu proses pembelajaran Matematika secara daring maupun luring. Oleh karena itu, dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pelatihan penggunaan perangkat lunak LaTeX untuk meningkatkan kemampuan menulis bahan ajar dan penulisan soal matematika bagi guru-guru SMA khususnya yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA di Kota Samarinda. Metode pelatihan yang digunakan adalah tatap muka, ceramah, latihan, dan diskusi. Peserta pelatihan diberikan tes awal dan tes akhir untuk mengukur pemahaman peserta pelatihan terhadap kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini. Data tes awal dengan nilai rata-rata 42,17 dan data tes akhir dengan rata-rata 97,77 dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji beda rata-rata Wilcoxon. Hasil pengolahan data didapatkan nilai asymp. sig. (2-tailed) 0,000 < nilai alpha (α) 0,05. Berdasarkan hasil analisis uji beda rata-rata nilai tes awal dan tes akhir Pelatihan Perangkat Lunak LaTeX dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi kenaikan nilai rata-rata tes akhir pelatihan Perangkat Lunak LaTeX.
Copyrights © 2024