SUMUR ( Jurnal Sosial Humaniora)
Vol. 3 No. 1 (2025)

Pemberdayaan TIK bagi Siswi SMA Melalui Pendekatan Digital Literasi Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Suci Shinta Lestari (Unknown)
Ira Puspita Sar (Unknown)
Muhammad Yazid (Unknown)
Nurul Aiyuda (Unknown)
Endah Wahyuningsih (Unknown)
Indah Ananda Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2025

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin pesat, namun pemanfaatannya di kalangan siswi SMA masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya literasi digital, keterbatasan akses terhadap sumber daya teknologi, serta minimnya pemahaman akan dampaknya dalam pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan siswi SMA melalui pendekatan Digital Literasi  dengan memberikan pelatihan serta pendampingan dalam penggunaan TIK yang efektif, kritis, dan bertanggung jawab. Solusi yang ditawarkan meliputi program edukasi berbasis literasi digital, pelatihan keterampilan teknis, serta integrasi pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran dan kewirausahaan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini meningkatkan pemahaman siswi terhadap literasi digital, keterampilan teknologi, serta kesadaran akan peran mereka dalam pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, pemberdayaan TIK berbasis literasi digital dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kemandirian digital di kalangan generasi muda.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sumur

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

SUMUR - Jurnal Sosial Humaniora diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal sosial humaniora adalah sebagai sarana untuk ...