Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis web-based interactive learning pada mata pelajaran informatika kelas XI di SMA Negeri 6 Padang Semester Genap TA 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (R&D). Subjek penelitian berjumlah 36 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (ADDIE) dengan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluate. Modul berbasis web-based interactive learning dilakukan dengan uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap tiga validator pada modul berbasis web-based interactive learning sebesar 94,33%, dapat diinterpretasikan sangat valid digunakan. Hasil uji praktikalitas terhadap tiga puluh siswa sebesar 88,52% dapat diinterpretasikan sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas terhadap tiga puluh siswa sebesar 90,37% dapat diinterpretasikan sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan para ahli serta hasil uji coba lapangan modul berbasis web-based interactive learning pada pembelajaran informatika yang sudah teruji validitas, praktikalitas, dan efektivitas untuk digunakan pada pembelajaran informatika kelas XI di SMAN 6 Padang.
Copyrights © 2025