Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains
Vol. 9 No. 2 (2025): Volume IX Edisi II ( Juli-Desember In-Press)

Perancangan dan Pembuatan Game Edukasi Berbasis Adobe Animate CC Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII

Cut Zahwa Putri Naswadiah (Unknown)
Indra Wijaya (Unknown)
Doni Pernanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat game edukasi berbasis Adobe Animate CC sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Informatika untuk siswa kelas VIII di SMP Semen Padang . Permasalahan dalam pembelajaran konvensional seperti metode ceramah yang monoton, kurangnya pemanfaatan teknologi, serta rendahnya minat belajar siswa menjadi dasar pengembangan media ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang mencakup tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid (rata-rata 93,57%), praktikalitas oleh siswa menunjukkan kategori sangat praktis (86,04%), dan efektivitas penggunaan dalam pembelajaran dikategorikan cukup efektif (72,33%). Game edukasi ini dirancang untuk menyajikan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan melalui kuis dan puzzle yang selaras dengan materi Informatika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TBQ

Publisher

Subject

Education Other

Description

Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains adalah Jurnal yang di kelolah oleh Sekolah TInggi Ilmu Tarbiah Al Bukhary Labuhanbatu menawarkan forum interdisipliner untuk publikasi artikel penelitian asli yang ditinjau oleh rekan sejawat, berkontribusi, dan diundang dengan kualitas terbaik ...