IPSSJ
Vol. 2 No. 05 Oktober (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Restu andika (Unknown)
Liyana Sunanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis literasi digital yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Berdasarkan kajian pustaka, perkembangan teknologi digital telah memberikan peluang besar bagi dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran membaca yang membutuhkan pendekatan menarik dan kontekstual. Media interaktif memungkinkan siswa berinteraksi secara langsung dengan materi, sehingga mendorong keterlibatan aktif, kemandirian belajar, dan peningkatan pemahaman teks. Melalui literasi digital, siswa tidak hanya belajar membaca teks, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memahami informasi digital, serta menggunakan teknologi secara etis dan produktif. Kajian literatur menunjukkan bahwa penggunaan media digital interaktif dapat memperkaya pengalaman belajar, menumbuhkan motivasi, dan memperkuat keterampilan bahasa. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran berbasis literasi digital menjadi strategi penting untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21 dan menciptakan proses belajar yang adaptif, kreatif, serta relevan dengan kebutuhan siswa sekolah dasar di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...