Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 2, No 11: November 2017

KONTRIBUSI PENGALAMAN BELAJAR DAN SIKAP VOKASI TERHADAP PRESTASI PKL SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA

Zufida Kharirotul Umma (Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Hary Suswanto (Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Amat Nyoto (Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

The purpose of this study is to know the contribution of learning experiences and vocational attitudes to the PKL achievement in students of Multimedia. This study using quantitative approach and path analysis techniques. The sample used 200 students from five schools in Malang based on cluster random sampling technique. The results of the study show that (1) the learning experience can contribute significantly to the PKL achievement, and (2) the vocational attitude can contribute significantly to the PKL achievement. Based on these results, the attitude of vocation more dominates its contribution to the PKL achievement.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi pengalaman belajar dan sikap vokasi terhadap prestasi PKL pada siswa Kompetensi Keahlian Multimedia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis jalur. Sampel yang digunakan dalam peneitian sebanyak 200 siswa dari lima sekolah di Kota Malang berdasarkan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengalaman belajar dapat berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi PKL, dan (2) sikap vokasi dapat berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi PKL. Berdasarkan hasil tersebut, sikap vokasi lebih mendominasi kontribusinya terhadap prestasi PKL.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...