Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan respon mahasiswa terhadap penugasan menulis artikel ilmiah pada mata kuliah Ilmu pendidikan Dasar Islam.  Penulisan artikel ilmiah dalam pendidikan sangat penting sebagai upaya untuk memajukan pendidikan nasional dan menemukan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian survei. Sampel pada penelitian ini sebanyak tiga kelas dengan total 103 mahasiswa pada semester dua program studi PGMI tahun akademik 2022/2023. Instrumennya adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan skor akhir rata-rata respon mahasiswa pada kategori cukup yaitu 75.18% pada aspek penguasaan materi kuliah dan 75.92% pada aspek penugasan menulis artikel. Hal ini dapat dilihat pada sikap mahasiswa diantaranya: mahasiswa mampu mencari referensi dari berbagai sumber, bertanya kepada dosen atau teman ketika ada yang tidak dipahami, rasa percaya diri dan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis artikel, dan adanya kerjasama yang baik antar anggota kelompok.
Copyrights © 2023