Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar. Dalam hal ini, solusi yang dapat diberikan adalah dengan menerapkan model project based learning kepada siswa agar dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan unntuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (projectbased learning). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabaya semester dua tahunpelajaran2023/2024 dengan jumlah siswa 35 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan wawancara, observasi, dan tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi serta soal tes tertulis. Teknik analisis data yang menggunakan cara kuantitatif deskrptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa selama dilakukan penelitian yang ditunjukan dengan data kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dan siklus II. Data hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 37,15% (13 siswa) tuntasdan mengalami peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II sebesar  85,71% (30 siswa) tuntas.Sehingga kesimpulannya, keterampilan berpikir siswa kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabayameningkat setelah dilakukan dengan penerapan model project based learning.
Copyrights © 2024