Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 12 No 2 (2024): July 2024

Inovasi E-Modul Berbasis MooDis Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif Durensewu Pandaan

Nahdiyah, Dini (Unknown)
Hadi, Muhammad Nur (Unknown)
Sholekhudin, Anang (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa, maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dengan mempergunakan media pembelajaran E-Modul berbasis MooDis, media ini diasumsikan menarik dan dapat membantu siswa kelas X di MA Ma’arif Durensewu Pandaan dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. E-Modul berbasis MooDis adalah sebuah penelitian pengembangan research and development (R&D) yang memanfaatkan model pengembangan anlyze, design, development, implementation dan evaluation (ADDIE). Cara pengumpulan data dengan menyebarkan angket siswa kelas X sejumlah 16 siswa kemudian dianalisis melalui uji paired sample t test sebagai data kuantitatif. Penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan E-Modul berbasis MooDis ini memperoleh skor rata-rata sebesar 91,4% dan dapat dikategorikan sangat layak. Maka, kesimpulan yang didapatkan adalah media pembelajaran E-Modul berbasis MooDis yang telah dikembangakan valid dan sangat layak untuk digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...