Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi hambatan belajar berbicara di kalangan siswa kelas rendah SDN Ketapang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berjenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru serta siswa kelas rendah SDN Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kajian pustaka yang relevan melalui pendekatan kualitatif. Data mentah yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pendekatan pengajaran yang digunakan adalah pendekatan terkontrol berupa dialog terbimbing. Hambatan yang ditemui berupa kemampuan kognitif siswa yang beragam dan masih ada siswa yang masih belajar mengenal huruf. Strategi yang digunakan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membuat diagnosa belajar, dan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan kognitifnya.
Copyrights © 2023