JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol. 15 No. 2: Desember 2024

GAMBARAN KARAKTERISTIK PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR SDN 060872 MEDAN

Sinaga, Eka Margareta (Unknown)
Fauzi, KMS. Muhammad Amin (Unknown)
Dewi, Izwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengolahan sumber belajar di SD Negeri 060872 Medan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah melakukan inventarisasi yang sistematis terhadap berbagai sumber belajar, termasuk bahan cetak, fasilitas, dan kegiatan. Proses pemilihan sumber belajar mempertimbangkan kriteria ekonomis, praktis, dan fleksibel, yang mendukung produktivitas pembelajaran. Sumber belajar tersebut memberikan pengalaman konkret, memperluas wawasan siswa, dan membantu pengembangan pemahaman sesuai dengan kemampuan dan potensi masing-masing. Namun, ditemukan bahwa pengelolaan buku dan alat peraga memerlukan peningkatan, khususnya terkait penyimpanan yang lebih baik dan pemeriksaan berkala. Lingkungan belajar yang bersih dan dekorasi mendidik juga dianggap penting untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Secara keseluruhan, meskipun ada beberapa tantangan, pengelolaan sumber belajar di SD Negeri 060872 Medan menunjukkan potensi yang baik dalam mendukung pendidikan yang efektif dan berkelanjutan. Rekomendasi yang diberikan mencakup perbaikan dalam pengelolaan sumber belajar guna meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...