Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis edpuzzle untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan validasi dan kepraktisan. Validasi diketahui berdasarkan pada penilaian validasi ahli materi dan ahli media, sedangkan kepraktisan berdasarkan nilai angket respon peserta didik. Partisipan pada penelitian ini adalah 2 validator ahli diantaranya : validator ahli materi dan validator ahli media dan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-E sebagai sampelnya. uji coba produk ini dilakukan pada skala kecil yaitu 10 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model ADDIE. Penelitian ini hanya menggunakan empat tahapan dari model ADDIE yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan) dan implementation (implementasi). Hasil validasi ahli materi dan ahli media memperoleh skor total 185 dengan presentase 84% dan termasuk kedalam kategori “sangat layak” dan angket respon peserta didik mendapatkan presentase nilai sebesar 77% termasuk kriteria “respon baik”. Berdasarkan validasi dan kepraktisan media pembelajaran audio visual berbasis edpuzzle dikatakan layak untuk digunakanAbstrak Bahasa Indonesia ditulis sesuai dengan format abstrak bahasa Inggris.
Copyrights © 2024